About Me

header ads

Kata Cinta Motivasi Dalam Meningkatkan Etos Kerja.

Sudah menjadi tuntutan hidup bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan bekerja. Bahkan, saat ini bekerja bukan hanya sekadar untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia sehari-hari. Namun dapat dijadikan sebagai langkah awal untuk menuju kesuksesan. Bekerja memang membutuhkan perjuangan dan semangat yang kuat untuk tetap konsisten menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh rasa gembira. Namun, sudah menjadi kodrat manusia terkadang semangat dan motivasinya dalam bekerja naik turun. Rasa lelah yang membenaninya dapat menurunkan semangat dan motivasi untuk kembali giat bekerja.
Setiap orang, insani membutuhkan sesuatu yang bisa memotivasi dirinya dalam mengharungi dunia yang singkat dan fana ini. Setiap insan membutuhkan rasa, membutuhkan kata yang bisa membuatnya merasa bahagia. Kebahagian yang dirasakan akan memberikan nilai positif, akan memberikan dampak yang baik secara lahiriah maupun batiniah. Kebutuhan setiap insan akan kata indah, kata cinta serta kata-kata nasehat yang lahir dan diciptakan oleh para filosofi seakan menjadi sebuah kebutuhan dalam upaya meningkat performa kepribadiaannya, meningkatkann etos dan semangat kerja, akan memberikan rasa cita dan keyakinan yang dalam dalam kehidupannya.
Setiap kita butuh inspirasi dalam upaya menemukan dan menciptakan inovasi baik dalam kehidupan sehari-hari dirumah tangga maupun di lingkungan kerja. Oleh sebab  itu Rasullah SAW, teladan kita dalam hidup ini mengajak kita untuk selalu melaksanakan Shalat Dhuha sebagai bagian dari upaya untuk menenangkan diri, melepaskan segala beban dan masalah yang seakan tidak pernah habis menggayuti pundak punggung kita. ada rasa damai, rasa tenang yang didapatkan sehingga memberi efek positif dalam bekerja. Rasulullah SAW dalam kesempatan lain juga berkata seperti Cinta kepada Allah adalah Puncaknya Cinta, Lembahnya adalah Cinta pada Sesama. Kata-kata seperti ini yang harus selalu kita rindukan setiap ada kesempatan.
Begitu juga halnya dengan kata-kata penuh motivasi yang dihadirkan dalam kehidupan ini, yang telah diungkapkan oleh para pujangga jaman dulu hingga sekarang, bertujuan untuk memberikan warna batin yang lebih fantastis. oleh karena itu, oleh para motivator-motivator ternama menyarankan kepada para pemimpin atau pimpinan dalam setiap memulai kegiatan di awal pekerjaan terutama misalnya pada saat apel pagi di lingkungan kerja pemerintahan untuk menyampaikan wejangan, arahan dan bimbingan dalam bentuk kata-kata yang penuh dengan inspriasi. Karyawan, atau Pekerja, dan Pegawai, jangan terus menerus disuguhi dengan perintah yang setiap kesempatan itu-itu saja. Output yang diharapkan dihasilkan berupa semangat memulai pagi berubah menjadi hal membosankan dan membuat kita garuk garuk kepala. Jika dari awal bekerja sudah membosankan apa lagi yang mau diharapkan dari perjalanan selanjutnya, tentu yang didapatkan adalah kegagalan.
Terngiang ditelinga penulis oleh kata Thallea Nirfan, SP, beliau adalah Kabid pada Bidang Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Aceh Barat, mengibaratkan kita harus seperti JARUM, walau menusuk dan menyakitkan namun menyatukan kita semua. dan jangan kita seperti GUNTING yang berjalan beriring tetapi memisahkan satu dengan lainnya. Kata seperti ini yang kita harapkan selalu dimunculkan dan didengungkan di telinga kita sebagai pekerja, pastinya akan berdampak posistif.  Ingatkah kita, ketika kita pertama sekali lahir ke dunia ini, dianjurkan dan diperintahkan untuk Azan ditelinganya, agar dia tahu bahwa itu adalah motivasi terbesar yang dianugerahkan kepadanya dalam meniti kehidupan di dunia yang penuh dengan halangan dan rintangan ini.

Oleh karena itu, kita mungkin bisa bangkit kembali dengan berkaca pada beberapa kata-kata mutiara bijak kehidupan berikut ini. Apalagi kata-kata bijak kehidupan ini disampaikan oleh berbagai tokoh terkenal yang telah memiliki banyak pengalaman. Kata-kata mutiara bijak kehidupan juga bisa menjadi referensi dalam mencapai kesuksesan dan selalu bersyukur. Tentunya kita harus selalu bersyukur dengan apa yang sudah didapatkan agar hidup menjadi lebih tenang dan nyaman. Kata-kata mutiara bijak kehidupan banyak juga yang disampaikan oleh para tokoh dunia. Para tokoh penemu terkenal banyak mengemukakan pemikirannya yang bisa menjadi panutan.

Berikut kata-kata mutiara bijak kehidupan dari para tokoh :

"Sebelum apapun, persiapan adalah kunci menuju kesuksesan." - Alexander Graham Bell

"Jika kamu berpikir kamu terlalu kecil untuk membuat sebuah perubahan, cobalah tidur di ruangan dengan seekor nyamuk." - Dalai Lama

"Satu-satunya sumber dari pengertahuan adalah pengalaman." - Albert Einstein

"Kelihatannya semua itu mustahil sampai semuanya terbukti." - Nelson Mandela

"Hitunglah umurmu dengan teman, bukan tahun. Hitunglah hidupmu dengan senyum, bukan air mata." - John Lennon

"Beberapa orang memimpikan kesuksesan, sementara yang lain bangun setiap pagi untuk mewujudkannya." - Wayne Huizenga. banyak lagi kata-kata indah dari berbagai tokoh-tokoh Kyai, Ulama yang bisa dijadikan referensi. Mungkin akan merepotkan bagi pemimpin kita dengan hal yang mungkin dianggap sepele namun bila dicoba baru akan kelihatan hasilnya.

Hubungan kata kata indah diatas dengan tugas pokok kami sebagai Penyuluh Pertanian apa? tentunya bakal banyak pertanyaaan yang diajukan walau itu cuma terlintas di dalam kepala dan sanubari. Bagi penulis pribadi dapat memberikan gambaran jawaban bahwa Penyuluh Pertanian juga butuh motivasi. Kami butuh pengobat jiwa. Jangan setiap saat disuguhi dengan Data Luas Tambah Tanam, atau dalam grup What'up hanya diisi oleh berita duka cita atau video-video yang tidak berkelas. Kadang-kadang kami yang sudah berkalang tanah, berlumur keringat, rindu akan kata-kata manis, kata mutiara yang dihadirkan oleh Pemimpin yang di instansi kita bernaung, dapat dipastikan semangat menggebu-gebu akan tertanam dalam jiwa, sehingga program-program yang telah dicanangkan dapat terlaksana dengan penuh semangat, penuh motovasi hingga program berhasil.
Beberapa hari yang lalu Penulis ditemani oleh beberapa rekan seperti Huri, Hewi dan Rosmeri dan beberapa rekan lainnya melakukan kunjungan CPCL dalam rangka mencari Petani dan Lahan yang akan dilibatkan dalam beberapa kegiatan di tahun 2020 seperti Program Cabe Merah dan Bawang Merah ke beberapa Poktan, salah satunya Poktan Sama Rasa Gp. Meunasah Tuha. Sebelumnya, di Grup What'up BPP Kecamatan Meureubo sedang viral mengupload beberapa kata-kata cinta penuh motivasi, terasa sekali pengaruh kata itu dalam sanubari penulis sehingga ketika kami berada bersama dengan petani, perasaan berbeda hadir disana, semangat dalm bekerja tumbuh menakjubkan. Luar Biasa!

Hasil gambar untuk kata cinta gambarMelalui artikel ini, penulis menyarankan agar kita ini berubah, hijrah dari keadan membosankan ke keadaan yang menyenangkan. Menjadi pribadi-pribadi yang luar biasa, sehingga semangat dan etos kerja kita meningkat dengan demikian kesejahteraan masyarakat yang menjadi tujuan utama negara NKRI dapat tercapat. 

Wajah Boleh Hutapea tapi Hati Selembut Sutra.  Boleh wajahnya kelihatan tegas dan berwibawa namun hati harus seperti Hello Kity. sehingga tidak pernah lagi terdengar ditelinga kita ada bawahan merobek absensi, demontrasi dan sebagainya.

Semoga Tulisan bermamfaat untuk kebaikaan kita semua.





Post a Comment

0 Comments